18.8.10

Apa itu HDMI ?

Apakah itu HDMI?

HDMI singkatan dari High Definition Multimedia Interface, adalah interface atau "colokan" terbaru dari dunia digital untuk mengubungi player high definition dengan monitor. Selama ini kita sudah sangat dimanja dengan kabel komponen dan RGB (kalau kamu masih tidak tahu juga apa itu component cable, baca deh artikel VGI labs lawas yang saya buat 4 tahun lalu disini ), nah anggap saja kabel HDMI adalah bentuk terbaru dari deretan kabel high definition yang makin canggih.

HDMI adalah interface yang menjadi standard industri dan mendukung audio/ video tanpa kompresi. HDMI memiliki 8 channel audio dan juga support semua standard Digital Television antara lain ATSC dan DVB. HDMI didukung oleh banyak pemain besar di dunia digital antara lain Hitachi, Matsushita Electric Industrial (Panasonic/National/Quasar), Philips, Sony, Thomson (RCA), Toshiba, & Silicon Image.

HDMI memiliki 19 pin yang menjadi standard pertama yang disebut HDMI type A. Type B memiliki 29 pin dan kompatibel dengan Digital Television yang support resolusi lebih dari 1080p. Tapi untuk tipe B ini memang masih jarang ditemukan mengingat masih sangat jarang monitor yang support 1080p. Setahu saya hanya Sharp Aquos LCD yang support 1080p. Dengan kata lain HDMI menawarkan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan koneksi analog biasa karena transmisi dilakukan secara digital.



Berbeda dengan HDMI, DVI hanya mengirimkan sinyal video digital saja dengan kualitas yang kira-kira sama dengan HDMI. Lebih oke jika kita gunakan jenis kabel ini untuk jenis LCD atau Plasama TV yang besar.

No comments:

Post a Comment